Sabtu, Maret 19, 2011

PROSES CRACKING

Cracking merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk membobol sebuah sistem computer dengan maksud tertentu. Orang yang melakukan cracking biasanya disebut cracker. Proses cracking dapat dilakukan dengan menggunakan software crack maupun tools tertentu.

Cracking seringkali meresahkan para pengguna internet, seperti email maupun akun yang lainnya. Betapa tidak, proses cracking biasanya berniat buruk misalnya bertujuan untuk mencuri data atau untuk mencari keuntungan melalui suatu sistem komputerisasi. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati terhadap para cracker, karena bisa jadi secara tidak sadar Anda akan menjadi sasaran/korban cracker.

Untuk mengambil langkah waspada terhadap proses cracking, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana gambaran secara umum mengenai cara-cara seorang cracker melakukan tindakan cracking.

Proses Cracking

Agar lebih mudah dipahami, kita ambil saja contoh bagaimana cara atau proses cracking ID Yahoo Messanger.

Ada dua cara yang paling banyak digunakan para cracker untuk membobol ID Yahoo Messanger (YM), yaitu:

  • Menggunakan perangkat/tools atau software tertentu.

Untuk mengoperasikan software ini diperlukan pengetahuan dan keterampilan khusus, seperti penggunaan proxy. Hal yang paling penting yang harus dimiliki oleh para cracker adalah daftar username atau alamat email yang akan dijadikan sasaran dalam proses cracking.

  • Cara kedua yang sering digunakan dalam proses cracking adalah dengan membuat website palsu.

Ketika seseorang mengunjungi website palsu tersebut, maka orang tersebut harus mengisi username beserta password pada kolom yang disediakan. Kemudian username dan password tersebut secara otomatis akan terkirim langsung ke cracker. Dengan cara inilah kemudian para cracker mendapatkan daftar username yang berguna dalam proses cracking.

Agar website palsu tersebut memperoleh banyak pengunjung, salah satu cara yang digunakan cracker adalah dengan mengirim email atau private instant message kepada pengguna YM. Email yang masuk biasanya berupa spam. Dengan demikian orang-orang yang tidak teliti akan masuk atau mengunjungi web palsu tersebut.

Tips Menghindari Cracking

  • Jaga kerahasiaan password Anda dengan baik. Disarankan untuk menggunakan password yang terdiri dari delapan karakter atau lebih. Hindari password yang menggunakan nama Anda, tempat lahir, tanggal lahir, maupun kata-kata yang sering digunakan/ditemukan di dalam kamus. Buatlah password yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka atau dengan kombinasi huruf besar dan kecil.
  • Waspada terhadap email atau pesan instant yang mengarahkan Anda pada situs atau website tertentu, karena bisa jadi itu adalah website palsu yang dibuat para cracker.
  • Jangan menggunakan email untuk keperluan chatting di YM.

Selamat mencoba!

0 komentar: